Jumat, April 24, 2009

DKM Jami Fathuridlo Tasikmalaya Teleconfrence dengan Masjid Al-Hikmah New York

Masjid Jami Fathurridlo Cibaregbeg, Kelurahan Tugujaya, Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya dini hari awal bulan lalu terlihat beda. Jumlah jamaah membludak. Pagi itu, tiga agenda dilakukan sekaligus; hajatan Gabungan Subuh Berjamaah, tabligh akbar, dan teleconference dengan Masjid Al-Hikmah New York, Amerika Serikat.

Para pejabat banyak yang hadir dalam acara itu. Selain Kapolres Kota Tasikmalaya, AKBP Drs H. Suntana M.Si, hadir wakil Brigif 13/ Galuh H Waryono, GM Telkom Wahyudin, dan Asisten Daerah II, dan Ir H Tarlan M.Pd. mewakili Walikota Tasikmalaya.

Selesai mengikuti shalat Subuh berjamaah, jamaah mendengarkan siraman rohani yang disampaikan oleh Drs KH Undang Ishak Abdullah M.Si , ketua PD DMI Kota Tasikmalaya. Atas kerjasama dengan Telkom, keseluruhan acara disiarkan secara live di Masjid Al-Hikmah New York.

Setelah Ceramah keagamaan dilanjutkan dengan dialog langsung dengan jamaah masjid di negeri Paman Sam itu selama kurang lebih 40 menit. Dari New York, tokoh Muslim Indonesia Imat Badruddin dan H. Ahmad Padang, tampil sebagai penceramah dan pemandu acara. Sedang dari Tasikmalaya acara dipandu oleh KH Acep Zoni Saeful Mubarok MAg.

Kegiatan Gabungan Shubuh Berjamaah merupakan kelanjutan dari rangkaian Program Gerakan Shubuh Berjamaah di Tasikmalaya yang dimulai pada tanggal 28 Juli 2007 di Masjid Jami Fathurridlo Cibaregbeg Tasikmalaya atas prakarsa Drs. K.H. Lukmanulhakim SH, ketua Yayasan Fathurridlo.

Kegiatan ini kemudian dikembangkan secara lebih luas lagi dan dicanangkan oleh Walikota Tasikmalaya pada tanggal 22 Maret 2008 di Masjid Agung Tasikmalaya yang menghadirkan Ust H Muhammad Arifin Ilham dan Ust Dadang Dai TPI dengan dirangkaikan pula acara pencanangan penanaman 1.000 pohon, bazar, dan peggilasan 8.000 botol miras oleh Polresta Tasikmalaya.

Sedang teleconference merupakan aktifitas dakwah global online melalui internet dari Masjid Jami Fathurridlo Cibaregbeg Tasikmalaya atas permintaan Masjid Al-Hikmah New York USA . Dakwah ini sudah berjalan kurang lebih satu bulan dengan kegiatan pengajian rutin malam Ahad ( New York ) atau Ahad pagi (Tasikmalaya) yang diikuti oleh jamaah komunitas Muslim Indonesia di New York. Selain itu juga dilakukan pengajaran baca tulis Alquran yang dislenggarakan setiap hari dari Selasa sampai Jumat. Pengajian jarak jauh ini merupakan alternatif program atas kebutuhan pencerahan agama yang diprakarsai oleh tokoh Muslim Indonesia di New York , Imat Badruddin.

Sumber: Republika Online, Jumat, 18 Juli 2008

Tidak ada komentar: